Surfer Pemula? Ini Teknik Yang Benar!



Dalam surfing, teknik dasar yang baik adalah hal yang penting. Dengan menguasai teknik dasar dengan baik maka akan memudahkan proses belajar. Untuk anda yang ingin belajar surfing, ada 2 teknik dasar yang harus dikuasai dengan baik yaitu teknik Paddling dan teknik Popping Up.

1. Teknik Paddling


Sebagian besar waktu kita saat surfing dihabiskan dengan paddling (mengayuh), oleh karena itu teknik yang tepat dapat membantu kita meminimalisir kelelahan saat berselancar. Kita harus berbaring di atas papan dengan hidung yang hanya beberapa inci di atas air. Jangan sampai terlalu ke depan, karena jika terlalu ke depan dan hidung berada di bawah air kita tidak akan bergerak kemana pun dan mungkin akan berakhir jatuh. Langkah berikutnya adalah melengkungkan punggung sedikit sehingga berat badan terfokus di bagian bawah tulang rusuk. Kaki harus bersama-sama dan diangkat keluar dari air sehingga mereka tidak terseret. 

Posisi ini akan sulit bagi para pemula karena melibatkan fungsi otot-otot tertentu, namun dengan rutin berlatih tubuh mereka akan membangun otot-otot ynag diperlukan dengan sendirinya. 

2. Teknik Popping Up


Popup berselancar pada dasarnya adalah sebuah push-up yang sangat cepat. Untuk memudahkan melakukan teknik popup di air, praktekkan beberapa popup di tanah kering setiap hari. Ini akan membangun kekuatan lengan dan memberi beberapa memori otot. Ketika tiba saatnya untuk melakukannya pada papan selancar, kita akan memiliki waktu yang jauh lebih mudah.


  • Langkah mudah untuk popup :Letakkan tangan di papan datar di bagian bawah tulang rusuk.
  • Push dada dari papan dengan panggul dan paha atas masih dalam kontak dengan papan (Jangan melakukan push-up seluruh tubuh dengan berat badan, berfokus pada tangan dan jari kaki).
  • Tanpa mengandalkan lutut, bawa diri ke depan kaki depan di bawah tubuh, kira-kira di mana posisi tangan.
  • Kaki belakang secara alami akan mengikuti. Ingat: Ketika baru mulai belajar surfing, praktek popup di lantai. Lakukan sekurang-kurangnya 20 atau lebih sehari sampai dapat melakukannya tanpa berpikir.

Nah, sekarang para surfer pemula bisa mulai mencoba teknik ini. Selamat mencoba dan utamakan keselamatan selalu. Ok guys?

(source:planetsurf.com)

Komentar