Tiga Ombak Ter-Dahsyat di Indonesia



Bagi kalian para pecinta surfing, tentu kalian akan lebih menyukai ombak yang dahsyat untuk menantang adrenalin kalian bukan? Apakah kalian sudah memilki referensi tempat atau pantai mana saja yang memiliki ombak terdahsyat di Indonesia? Jika belum mari kita simak! Let's check it out!

1. Pantai Tanjung Setia


Letakya yang terpencil karena tertutupi hutan lebat di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan bukan berarti pantai ini tidak memiliki kelebihan. Eksistensi pantai ini memang tidak seperti Pantai Kuta di Bali atau Pantai Senggigi di Lombok, tapi ombaknya yang begitu cantik telah menarik banyak peselancar dunia untuk menjajal surfing di Pantai Tanjung Setia ini. Tak jarang ada peselancar yang mengatakan bahwa pantai Tanjung Setia merupakan surganya peselancar karena ombaknya sejajar dengan yang ada di Hawaii. Peselancar mancanegara yang suka berkunjung ke Pantai ini berasal dari Portugal, Afrika Selatan, Australia, Amerika, Spanyol, Belanda dan Jepang. Di pantai ini juga sering diadakan kompetisi surfing internasional.

2. Pantai Plengkung G-Land


Pantai yang satu ini Sudah sangat terkenal di mata peselancar mancanegara. Nama pantainya adalah Plengkung atau lebih terkenal dengan sebutan G-Land yang berada di di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur. Konon kabarnya G-Land ini memiliki ombak terbesar dan tertinggi kedua di dunia serta terpanjang di dunia. Dan menjadi salah satu yang terbaik dengan ombak setinggi 4-6 meter sepanjang 2 Km dalam formasi 7 gelombang bersusun.

3. Ombak Bono Riau


Ombak ini bukanlah ada di pantai seperti kebanyakan ombak lainnya, melainkan terdapat di sebuah sungai di Riau, tepatnya di Sungai Kampar. Walaupun di sungai, liarnya ombak tak kalah dengan yang ada di pantai. Tak heran, para penikmat ombak liar dari mancanegara sering datang ke tempat ini untuk berselancar. Gelombang Bono memiliki tinggi 4 hingga 6 meter, selain itu ombak Bono ini juga panjang sehingga bukan hanya menantang tapi juga seru. Konon, hanya terdapat dua lokasi Bono di dunia yang tergolong besar, yakni di Brazil tepatnya di kuala Sungai Amazon dan lainnya di kuala Sungai Kampar, Pelalawan, Riau. Dan ombak Bono kuala Sungai Kampar disebut lebih besar dibandingkan ombak Bono di Sungai Amazon. 

Mau tahu pantai dengan ombak dahsyat lainnya? Bisa langsung mengunjungi website G-Land.

(source: balisurfingclub.blogspot.co.id)

Komentar