Spot Surfing Terbaik di Nusantara!


Surfing merupakan olahraga menantang ombak yang tinggi. Olahraga ini dilakukan dengan menggunakan papan sebagai alat untuk bermanuver di atas ombak. Papan tersebut akan bergerak dengan menggunakan tenaga arus ombak di bawahnya dan arahnya dikemudikan seorang peselancar. Adrenalin akan terpacu karena tertekan untuk mengarahkan papan selancar sekaligus menjaga keseimbangan tubuh saat papan dan ombak sudah menyatu dengan mengandalkan arus ombak yang tinggi. 

Di Indonesia tidak sedikit pantai yang memiliki ombak yang bersahabat dengan para peselancar. Maka tak heran jika peselancar mancanegara pun tertarik untuk mejajal ombak pantai Indonesia. Mau tahu apa saja pantai-pantai terbaik di Indonesia? ini dia!

1. Pantai Bangko-bangko (Desert Point) ,Lombok


Pantai Bangko-bangko Terletak di Kecamatan Sekotong Lombok Barat, tepatnya di Barat Daya Pesisir Lombok. Pantai yang sering Desert Point ini merupakan lokasi surfing favorit di dunia nomor 6 versi International surfing AssociationHanya di Pantai Bangko-Bangko (Desert Point) anda bisa menemukan tipe ombak yang tidak mudah pecah dan berbentuk dinding cekung selama 10 atau bahkan sampai 20 detik lamanya dengan dinding terpanjang yang mencapai 300 meter, sebuah syarat penting yang paling dicari oleh para peselancar domestik dan mancanegara.

2. Pantai Plengkung (G-Land) ,Banyuwangi


Pantai Plengkung atau yang lebih sering disebut G-Land ini sudah menjadi tuan rumah ajang Surfing International sebanyak 5 kali. Pantai ini terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Keunikan ombak di G-Land adalah baru pecah setelah 1 hingga 2 km dari arah timur ke barat dengan ketinggian mencapai 4-6 meter dalam interval 5 menit. G-Land adalah salah satu pantai dengan ombak terbaik di dunia.

3. Kep. Mentawai , Sumatera Barat


Dengan lokasi yang berada di tengah Samudera Hindia membuat lokasi spot surfing ini dikelilingi alam laut yang eksotis nan mengagumkan. Di kepulauan Mentawai sendiri terdapat beberapa spot selancar dengan ombak yang besar dan tinggi, antara lain di Desa Bosua yang memiliki gulungan ombak mencapai 3 meter dan Pulau Nyang Nyang di Desa Katurei dengan ketinggian ombak mencapai kurang lebih 4 meter. 

4. Tanjung Setia ,Lampung


Dikenal sebagai salah satu pantai dengan ombak terbaik di dunia , pantai Tanjung Setia menyuguhkan gulungan ombak sempurna dengan ciri khas ketinggian mencapai 6 sampai 7 meter dengan panjang sekitar 200 meter, oleh karena itu pantai ini menjadi tujuan para peselancar dari penjuru dunia. Ombak yang tinggi dipantai ini biasanya berlangsung pada bulan Juni hingga Agustus.

5. Pulau Nihiwatu ,Sumba Barat , NTT 


Satu lagi pantai di Indonesia yang menjadi pantai terbaik untuk kegiatan surfing, Pantai Nihiwatu berlokasi di arah 30 km dari Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pantai sepi ini menjadi tujuan populer para peselancar yang datang untuk mencoba membelah ombak yang dikenal sebagai God’s Left.

(source: blog.darmawisataindonesia.co.id)

Komentar