4 Destinasi Wisata Menarik di Maumere, “Jantung Hati Flores”


Berbicara tentang destinasi wisata di Nusa Tenggara Timur, Kawan Muda mungkin sudah enggak asing ya dengan nama-nama seperti Pulau Komodo, Pulau Flores, Pulau Sumba, atau Pulau Alor. Namun, pernahkah Kawan Muda mendengar tentang Maumere?
Maumere adalah sebuah kecamatan di Pulau Flores dan merupakan Ibu Kota Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Sama halnya dengan tempat-tempat lain di Nusa Tenggara Timur, Maumere memiliki pesona wisata yang menakjubkan, mulai dari wisata rohani, budaya hingga wisata alamnya.
Melalui artikel ini, Kita Muda ingin mengajak kamu nih untuk eksplor keindahan Maumere yang disebut-sebut sebagai “jantung hati Flores” ini. Hmm, kira-kira tempat menarik apa saja yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke Maumere? Yuk, langsung saja disimak!
1. Bukit Tanjung Kajuwulu


Bukit yang juga dikenal dengan nama bukit salib ini (karena terdapat patung salib berukuran besar) menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa menakjubkan. Kamu bisa menikmati kombinasi menakjubkan pemandangan laut, langit yang biru, dan padang rumput kering yang menguning. Nah, bukit ini terkenal akan keindahan sunset-nya sehingga lebih ramai dikunjungi menjelang sore hari.
Bukit Tanjung Kajuwulu terletak sekitar kurang lebih 15 km dari Kota Maumere atau sekitar 2 jam perjalanan darat. Kalau berniat bukit ini, kamu harus dalam kondisi prima ya karena untuk mencapai puncak kamu akan melewati 300 anak tangga. Jangan lupa juga untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri, ya!
2. Puncak Bukit Nilo


Selain Bukit Tanjung Kajuwulu, ada Bukit Nilo yang juga enggak kalah keren. Sama seperti Bukit Tanjung Kajuwulu, di bukit ini juga terdapat patung simbol sakral agama Kristen yaitu Patung Bunda Maria. Patung dengan tinggi 28 m (di atas fondasi setinggi 18 m) ini menjadi kebanggaan warga Maumere.
Tempat ini enggak hanya menjadi wisata religi bagi kaum nasrani, orang nonnasrani pun datang untuk menikmati pemandangan Kota Maumere dari atas bukit. Bukit Nilo terletak sekitar 16 km dari Kota Maumere. Perjalanan ke bukit Nilo membutuhkan sedikit perjuangan karena medan yang berbukit dan jalanan yang enggak mulus. Tapi tenang, sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan perbukitan dan perkebunan warga yang indah.
3. Museum Bikon Blewut


Museum Bikon Blewut letaknya dekat dengan lokasi Patung Bunda Maria di Bukit Nilo, jadi kamu bisa sekalian melipir lah. Nah, museum ini adalah museum yang terbesar di Nusa Tenggara Timur dan menyimpan berbagai koleksi peninggalan bersejarah masa lampau.
4. Pantai Paga

Pantai Paga adalah salah satu sudut terindah di Maumere. Di sini kamu bisa menikmati keindahan hamparan pasir putih dan kapal-kapal nelayan di lautan. Nah, untuk menikmati pemandangan pantai yang indah kamu harus menempuh perjalanan sejauh 48 km dari Maumere atau sekitar 4 jam perjalanan.
Yah meski perjalanannya cukup jauh, kamu enggak akan kecewa deh kalau sudah sampai di pantai ini. Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di pantai ini antara lain berenang, wisata kuliner, atau belanja ikan-ikan kering yang dijual nelayan setempat.
Source : www.kitamuda.id

Komentar